454 - وَعَنْ أَبِي سَعِيدٍ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ - قَالَ: «كَانَ النَّبِيُّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - لَا يُصَلِّي قَبْلَ الْعِيدِ شَيْئًا، فَإِذَا رَجَعَ إلَى مَنْزِلِهِ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ» . رَوَاهُ ابْنُ مَاجَهْ بِإِسْنَادٍ حَسَنٍ (1)
454. Dari Abu Said Radhiyallahu Anhu, ia berkata, "Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam tidak shalat apapun sebelum shalat Ied, tetapi apabila telah kembali ke rumahnya maka beliau shalat dua rakaat." (HR. Ibnu Majah dengan sanad hasan).
(1) - حسن. رواه ابن ماجه (1293) ولا يظن ظان أن بين هذا الحديث وبين حديث ابن عباس السابق (491) تعارض فحديث ابن عباس خاص بالصلاة في المصلى، وبهذا الجمع قال غير واحد.
ـــــــــــــــــــــــــــــ
[سبل السلام]
وَعَنْ أَبِي سَعِيدٍ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ - قَالَ: «كَانَ رَسُولُ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - لَا يُصَلِّي قَبْلَ الْعِيدِ شَيْئًا فَإِذَا رَجَعَ إلَى مَنْزِلِهِ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ» . رَوَاهُ ابْنُ مَاجَهْ بِإِسْنَادٍ حَسَنٍ)
وَأَخْرَجَهُ الْحَاكِمُ، وَأَحْمَدُ وَرَوَى التِّرْمِذِيُّ عَنْ ابْنِ عُمَرَ نَحْوَهُ وَصَحَّحَهُ، وَهُوَ عِنْدَ أَحْمَدَ، وَالْحَاكِمِ وَلَهُ طَرِيقٌ أُخْرَى عِنْدَ الطَّبَرَانِيُّ فِي الْأَوْسَطِ لَكِنْ فِيهِ جَابِرٌ الْجُعْفِيُّ، وَهُوَ مَتْرُوكٌ
وَالْحَدِيثُ يَدُلُّ عَلَى أَنَّهُ شَرَعَ صَلَاةَ رَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِيدِ فِي الْمَنْزِلِ، وَقَدْ عَارَضَهُ حَدِيثُ ابْنِ عُمَرَ عِنْدَ أَحْمَدَ مَرْفُوعًا «لَا صَلَاةَ يَوْمَ الْعِيدِ لَا قَبْلَهَا وَلَا بَعْدَهَا» ، وَالْجَمْعُ بَيْنَهُمَا بِأَنَّ الْمُرَادَ لَا صَلَاةَ فِي الْجَبَّانَةِ
Tafsir Hadits
Hadits ini dikeluarkan oleh Al-Hakim dan Ahmad, At-Tirmidzi telah meriwayatkan dari Ibnu Umar serupa hadits ini dan ia telah menshahihkannya, ini menurut Ahmad dan Al-Hakim. Hadits ini juga mempunyai jalur periwayatan yang lain menurut riwayat Ath-Thabrani di dalam Al-Ausath, akan tetapi di dalamnya ada Jabir Al-Ja'fi, ia adalah rawi yang matruk.
Hadits ini menunjukkan bahwa shalat dua takaat setelah ied di rumah. Hal ini telah bertolak belakang dengan hadits Ibnu Umar menurut riwayat Ahmad secara marfu', "Tidak ada shalat pada hari raya sebelumnya dan sesudahnya.' Jika dikompromikan dua hadits ini, maka yang dimaksud adalah "Tidak ada shalat di lapangan terbuka."
ـــــــــــــــــــــــــــــ
[إبانة الأحكام]
وَعَنْ أَبِي سَعِيدٍ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - لَا يُصَلِّي قَبْلَ الْعِيدِ شَيْئًا, فَإِذَا رَجَعَ إِلَى مَنْزِلِهِ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ. رَوَاهُ ابْنُ مَاجَهْ بِإِسْنَادٍ حَسَنٍ.
54. Daripada Abu Sa’id al-Khudri (r.a), beliau berkata: “Nabi (s.a.w) tidak pernah mengerjakan apa-apa solat sebelum mengerjakan solat hari raya. Jika telah kembali pulang ke rumahnya, maka barulah baginda mengerjakan solat dua rakaat.” (Diriwayatkan Ibn Majah dengan sanad hasan)
Makna Hadis
Jika ada dua hadis yang maknanya secara zahir saling bercanggah, maka pemahaman keduanya mestilah digabungkan. Dalam hadis sebelum ini telah disebutkan bahawa tidak ada solat (sunat) pada hari raya (yakni solat sunat hari raya), sama ada sebelum ataupun sesudahnya, sedangkan hadis ini menunjukkan bahawa disyariatkan mengerjakan solat sunat dua rakaat sesudahnya. Jika kedua-dua hadis ini digabungkan, maka bererti penafian ini ditujukan kepada tempat solat, sedangkan penetapan ditujukan kepada pelaksanaannya di dalam rumah. Dengan ini diharapkan tidak ada lagi percanggahan pemahaman di antara kedua-dua hadis ini.
Analisis Lafaz
لَا يُصَلِّي قَبْلَ الْعِيدِ شَيْئًا, tidak pernah melakukan solat apa-apa sunat sebelum mengerjakan solat hari raya.
فَإِذَا رَجَعَ إِلَى مَنْزِلِهِ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ, jika baginda kembali pulang ke rumahnya sesudah mengerjakan solat hari raya.
Fiqh Hadis
1. Tidak disunatkan mengerjakan solat sunat sebelum mengerjakan solat hari raya.
2. Disyariatkan mengerjakan solat dua rakaat di rumah setelah kembali pulang dari melaksanakan solat hari raya.
Sumber: 1. Bulugh al-Maram min Adillat al-Ahkam karangan Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani (773 H - 852 H) 2. Subulus Salam Karangan Imam Ash-Shan'ani (w. 1182 H). 3. Ibanatul Ahkam Karangan Alawi Abbas Al-Maliki (w. 1391 H) dan Hasan Sulaiman An-Nuri. Untuk kitab Ibanatul Ahkam jilid 3 dan 4 dilanjutkan oleh Abu Abdullah bin Abd al-Salam ‘Allusy.